Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 09 April 2013

Struktur Data # 4 (Selasa, 09 April 2013 Semester 2)

Hari ini ngambil jadwal kuliah malam (18.30 - 21.00). Mata Kuliahnya Struktur Data, pertemuan ke 4. Materi yang dibahas tentang Struktur Data STACK (tumpukan) dan ANTRIAN (queue).

Berikut resumenya:

 
STACK (Tumpukan)

A. Pengertian Stack (Tumpukan)
Stack (Tumpukan) adalah kumpulan elemen-elemen data yang disimpan dalam satu lajur linear. Kumpulan elemen-elemen data hanya boleh diakses pada satu lokasi saja yaitu posisi ATAS (TOP) tumpukan. Tumpukan digunakan dalam algoritma pengimbas (parsing), algoritma penilaian (evaluation) dan algoritma penjajahan balik (backtrack). Elemen-elemen di dalam tumpukan dapat bertipe integer, real, record dalam bentuk sederhana atau terstruktur.
Stack adalah suatu tumpukan dari benda. Konsep utamanya adalah LIFO (Last In First Out), benda yang terakhir masuk dalam stack akan menjadi benda pertama yang dikeluarkan dari stack.
Tumpukan disebut juga “Push Down Stack” yaitu penambahan elemen baru (PUSH)ndan penghapusan elemen dari tumpukann(POP). Contoh pada PDA (Push Down Automaton). Sistem pada pengaksesan pada tumpukan menggunakn system LIFO (Last In First Out), artinya elemen yang terakhir masuk itu yang akan pertama dikeluarkan dari tumpukan (Stack). Ilustrasi tumpukan (Stack) dapat digambarkan seperti tumpukan CD atau tumpukan sate. Stack merupakan suatu susunan koleksi data dimana dapat ditambahkan dan dihapus selalu dilakukan pada bagian akhir data, yang disebut dengan Top Of Stack.
Sebelum struktur data tumpukan ini bisa digunakan, harus dideklarasikan dahulu dalam kamus data. Ada beberapa cara pendeklarasian struktur data ini, salah satunya dengan menggunakan tata susunan linear (larik) dan sebuah variable, yang dikemas dalam tipe data record. Stack (tumpukan) adalah struktur data bertipe record yang terdiri dari field elemen, bertipe larik/array dengan indek dari 1 sampai dengan MaksTum (Maksimum Tumpukan), atas, bertipe interger berkisar dari 0 (saat kosong) sampai dengan MaksTum (Maksimum Tumpukan).

B. Operasi – operasi pada Stack (Tumpukan)
Operasi yang sering diterapkan pada struktur data Stack (Tumpukan) adalah Push dan Pop. Operasi – operasi yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut :
1. Push : digunakan untuk menembah item pada Stack pada Tumpukan paling atas.
2. Pop : digunakan untuk mengambil item pada Stack pada Tumpukan paling atas.
3. Clear : digunakan untuk mengosongkan Stack.
4. Create Stack : membuat Tumpukan baru S, dengan jumlah elemen kosong.
5. MakeNull : mengosongkan Tumpukan S, jika ada elemen maka semua elemen dihapus.
6. IsEmpty : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah Stack sudah kosong.
7. Isfull : fungsi yang digunakan untuk mengecek apakah Stack sudah penuh.
Pada proses Push, Tumpukan (Stack) harus diperiksa apakah jumlah elemen sudah mencapai masimum atau tidak. Jika sudah mencapai maksimum maka OVERFLOW, artinya Tumpukan penuh tidak ada elemen yang dapat dimasukkan ke dalam Tumpukan. Sedangkan pada proses Pop, Tumpukan harus diperiksa apakah ada elemen yang hendak dikeluarkan atau tidak. Jika tidak ada maka UNDERFLOW, artinya tumpukan kosong tidak ada elemen yang dapat diambil.

C. Macam – macam Stack:
1. Stack dengan Array
Sesuai dengan sifat stack, pengambilan atau penghapusan elemen dalam stack harus dimulai dari elemen teratas.
2. Double Stack dengan Array
Metode ini adalah teknik khusus yang dikembangkan untuk menghemat pemakaian memori dalam pembuatan dua stack dengan array. Intinya adalah penggunaan hanya sebuah array untuk menampung dua stack.
Ilustrasi Stack pada saat Inisialisasi
Ilustrasi Stack pada saat full

CONTOH PROGRAM:
class StackApp
{
public static void main(String[] args)
{
StackX theStack = new StackX(10); // make new stack
theStack.push(20); // push items onto stack
theStack.push(40);
theStack.push(60);
theStack.push(80);
theStack.pop();
while( !theStack.isEmpty() ) // until it’s empty,
{ // delete item from stack
long value = theStack.pop();
System.out.print(value); // display it
System.out.print(” “);
} // end while
System.out.println(” “);
} // end main()
} // end class StackApp
////////////////////////////////////////////////////////////////


QUEUE (ANTRIAN)

A. Definisi Queue (Antrian)
Queue merupakan suatu struktur data linear. Konsepnya hampir sama dengan Stack, perbedaannya adalah operasi penambahan dan penghapusan pada ujung yang bebeda. Penghapusan dilakukan pada bagian depan (front) dan penambahan berlaku pada bagian belakang (Rear). Elemen-elemen di dalam antrian dapat bertipe integer, real, record dalam bentuk sederhana atau terstruktur.
Tumpukan disebut juga “Waiting Line” yaitu penambahan elemen baru dilakukan pada bagian belakang dan penghapusan elemen dilakukan pada bagian depan. Sistem pada pengaksesan pada Queue menggunakan sistem FIFO (First In First Out), artinya elemen yang pertama masuk itu yang akan pertama dikeluarkan dari Queue.
Queue jika diartikan secara harfiah, queue berarti antrian. Queue merupakan salah satu contoh aplikasi dari pembuatan double linked list yang cukup sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya saat anda mengantri diloket untuk membeli tiket.
Istilah yang cukup sering dipakai apabila seseorang masuk dalam sebuah antrian adalah enqueue. Sedang istilah yang sering dipakai bila seseorang keluar dari antrian adalah dequeue.

B. Operasi-operasi pada Queue
1. Create Queue (Q) : membuat antrian baru Q, dengan jumlah elemen kosong.
2. Make NullQ (Q) : mengosongkan antrian Q, jika ada elemen maka semua elemen dihapus.
3. EnQueue : berfungsi memasukkan data kedalam antrian.
4. DeqQueue : berfungsi mengeluarkan data terdepan dari antrian.
5. Clear : Menghapus seluruh Antrian
6. IsEmpty : memeriksa apakah antrian kosong
7. IsFull : memeriksa apakah antrian penuh.
Operasi-operasi tersebut dapat dideklarasikan dalam kelas abstrak Queue sebagai berikut :
type int typeQueue
class abstrakQueue
{
public:
Queue() { };
virtual Queue() { };
virtual typeQueue EnQueue(typeQueue Elemen)= 0;
virtual typeQueue DeQueue() = 0;
virtual void Clear() = 0;
virtual bool IsEmpty() = 0;
virtual bool IsFull() = 0;
};

C. Implementasi Queue dengan Linear Array
1. Linear Array
Linear array adalah suatu array yang dibuat seakan-akan merupakan suatu garis lurus dengan satu pintu masuk dan satu pintu keluar. Berikut ini diberikan deklarasi kelas QueueLinear sebagai implementasi dari Queue menggunakan linear array. Dalam prakteknya, kita dapat menggantinya sesuai dengan kebutuhan kita. Data dikses dengan field data, sedangkan indeks item pertama dan terakhir disimpan dalam field Head dan Tail. Konstruktor akan menginisialisasi nilai Head dan Tail dengan -1 untuk menunjukkan bahwa antrian masih kosong dan mengalokasikan data sebanyak MAX_QUEUE yang ditunjuk oleh data. Destruktor akan mengosongkan antrian kembali dan mendealokasikan memori yang digunakan oleh antrian.
class QueueLinear: public Queue
{
private:
typeQueue* Data;
int Head;
int Tail;
public:
QueueLinear() // kontruktor
{
Head = -1;
Tail = -1;
Data = new typeQueue [MAX_QUEUE];
};
2. Implementasi Queue dengan Circular Array
Circular array adalah suatu array yang dibuat seakan-akan merupakan sebuah lingkaran dengan titik awal(head) dan titik akhir (tail) saling bersebelahan jika array tersebut masih kosong.
CONTOH PROGRAM
class QueueApp
{
public static void main(String[] args)
{
Queue theQueue = new Queue(5); // queue holds 5 items
theQueue.insert(10); // insert 4 items
theQueue.insert(20);
theQueue.insert(30);
theQueue.insert(40);
theQueue.remove(); // remove 3 items
theQueue.remove(); // (10, 20, 30)
theQueue.remove();
theQueue.insert(50); // insert 4 more items
theQueue.insert(60); // (wraps around)
theQueue.insert(70);
theQueue.insert(80);
while( !theQueue.isEmpty() ) // remove and display
{ // all items
long n = theQueue.remove(); // (40, 50, 60, 70, 80)
System.out.print(n);
System.out.print(” “);
}
System.out.println(“”);
} // end main()
} // end class QueueApp

D. Priority Queue
Priority queue adalah elemen queue yang terurut menurut suatu prioritas tertentu. Priority queue ini sering dianggap modified queue. Penambahan elemen berarti menambahkan elemen sesuai urutan prioritas, dan menghapus elemen adalah menghapus elemen dengan prioritas tertinggi atau terendah(pada bagian Head). Lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:
Contoh Program
(Masih dalam perbaikan)
Daftar Pustaka
http://oopweb.com/Java/Documents/ThinkCSJav/Volume/chap16.htm, diakses tanggal 9 Desember 2008, jam 12.53 WIB.
http://webmail.informatika.org/~rinaldi/Stmik/Makalah/MakalahStmik38.pdf, diakses tanggal 9 Desember 2008, jam 13.05 WIB.
Prijono, Agus dan Teddy Marcus Zakaria. 2006. Konsep dan Implementasi Struktur Data. Bandung : Informatika.

Tidak ada komentar: